Latest News

Budaya Toraja Diusul Masuk Warisan Dunia


Budaya Toraja Diusul Masuk Warisan Dunia
Seorang penari dalam balutan busana adat Toraja, menarikan tarian tradisional Toraja.
MAKALE– Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berupaya memasukkan pemukiman tradisional Toraja dicatat sebagai salah satu warisan dunia.

Saat ini,Kemendikbud tengah melakukan pengumpulan data dan informasi,serta penelitian dan penyempurnaan dokumen tentang pemukiman tradisional sebagai salah satu bagian kebudayaan Toraja. Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya Makassar A Muh Said mewakili Kemendikbud menyatakan, sejak 2005 lalu, pemerintah pusat mengusulkan dua nominasi warisan budaya Indonesia ke UNESCO menjadi warisan dunia, yakni Bali dan Toraja.

Pada Oktober lalu, UNESCO sudah menyetujui dan menetapkan Bali sebagai warisan dunia,sedangkan Toraja direncanakan akan menyusul. Status pemukiman tradisional Toraja saat ini sudah masuk dalam daftar nominasi, tetapi belum ditetapkan sebagai warisan dunia.Itu disebabkan dokumen- dokumen pengusulan pemukiman Toraja sebagai warisan dunia tidak dilengkapi dengan nilai-nilai budaya yang ada di balik rumah adat Toraja.

“Dokumen pengusulan pemukiman tradisional Toraja lebih mengarah pada fisik bangunan dan tidak dilengkapi nilai budaya, sehingga sampai sekarang belum ditetapkan menjadi warisan dunia,” tuturnya dalam diskusi nominasi warisan dunia pemukiman tradisional Toraja yang berlangsung di Pantan Toraja Hotel, kemarin. Dia mengatakan, untuk menjadikan Toraja sebagai warisan dunia, pemerintah harus lebih bekerja keras guna melengkapi dokumen tentang nilai-nilai kebudayaan Toraja.

Salah satunya, menghimpun data dan informasi serta penelitian tentang kebudayaan Toraja dalam rangka penyempurnaan dan penyusunan dokumen untuk mendapat pengakuan dari UNESCO. “Dokumen tentang nilai-nilai kebudayaan secara keseluruhan sudah harus diterima UNESCO sebelum mereka melakukan kajian dan evaluasi untuk mendapat pengakuan sebagai warisan dunia,”tuturnya. Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Tana Toraja Enos Karoma menyatakan,Pemkab terus berupaya untuk menyiapkan data dan informasi tentang kebudayaan dalam melengkapi dokumen yang ada sebelumnya.

Pemkab juga menjamin data dan informasi kebudayaan Toraja tidak direkayasa dan tidak terkait dengan kepentingan oknum pribadi atau kelompok tertentu.“Kami siap memberikan data dan informasi tentang kebudayaan daerah yang benar dan akurat untuk ditetapkan menjadi warisan dunia,” katanya.

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Toraja Jidon Sitohang mengaku, salah satu keunikan budaya yang terkandung dalam rumah adat Toraja sebagai sistem sosial di masyarakat untuk mempererat persatuan dan kesatuan antarkeluarga dan masyarakat Toraja.

[joni lembang]
@[seputar_indonesia]

Toraja Paradise Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Google. Powered by Blogger.