Latest News

Penjelajahan Avanza ke “Negeri Tengkorak”

Tana Toraja
Avanzanation Journey wilayah Timur berpose di desa Kete Kesu, Toraja, Sulawesi Selatan.
Toraja, – Perjalanan melelahkan sejauh 420 km dari Mamuju, Sulawesi Barat, menuju Toraja, Sulawesi Selatan, terbayar lunas. Tepat pukul 00.00 WIT, Jumat (21/2/2014), Avanzanation Journey wilayah Timur berhasil menyentuh kawasan pegunungan bagian Utara di Sulawesi Selatan.

Menuju lokasi, rombongan memutuskan melewati jalur Trans Sulawesi, rute ini sudah lama dikeluhkan masyarakat sebab kondisi buruk infrastuktur dan permukaan jalan yang tidak layak. Perbaikan dan pembangunan masih dalam tahap proses, beberapa kali tim melintasi jembatan yang sedang diperbaiki. 

Tidak hanya menjadi ranah pengujian Avanza pada kondisi sebenarnya, tantangan ini juga menantang kemampuan fisik tim sebagai penumpang. Namun itu semua bisa dilewati dengan baik tanpa halangan, berkat modal ground clearence tinggi dan performa suspensi yang mumpuni.

photo of kete kesu
Our best photo of kete kesu, and the fun with velozity community #AvanzantionJourney
Tana Toraja
Rasa sumringah kembali datang di pagi hari usai melepas lelah. Perjalanan penuh semangat berlanjut, agenda hari ini mengekplorasi budaya Toraja yang sudah tersohor ke seluruh dunia. 

Menurut mitos dan kepercayaan yang berkembang, suku Toraja sekarang merupakan kaum pendatang, sedangkan daerah yang mereka tinggali disebut Tana Toraja.

Destinasi pertama mengunjungi salah satu lokasi primadona wisata Sulsel, patung Lakipadada yang terletak tengah danau Makale. Cerita di balik ikonis Toraja ini memiliki banyak versi. 

Konon, Lakipadada adalah bangsawan Tana Toraja yang merantau mencari mustika hidup abadi setelah berduka ditinggal saudara perempuannya.

Tana Toraja merupakan perpaduan antara agama, adat istiadat, seni dan budaya, yang berjalan selaras. Nama lain yang sering disebutkan adalah “Negeri Tengkorak”, sebab berkunjung ke Toraja mirip melayat ke makam. Masyarakatnya tidak menguburkan jenazah di dalam tanah, tapi di batu.

Kubur Londa Tana Toraja
Saat ini #Timindotimur melakukan wisata ke taman makam LONDA. Tempat ini merupakan pemakaman tokoh/masyarakat sekitar toraja, semakin tinggi derajat tokoh ini, maka di makamkan semakin tinggi. Di dalam goa, juga terdapat tengkorak pasangan yang meninggal krn tdk direstui keluarga. Sering disebut tengkorak Romeo Juliet. #AvanzanationJourney
Taman Makam Londa
Lokasi kedua mendatangi taman makam Londa. Disini bisa terlihat “keharmonisan” masyarakat setempat dengan manusia yang sudah meninggal. Kuburan terletak di dalam dan di luar bebatuan curam, seluruh peti-peti mayat diatur sesuai garis keluarga dan statusnya semasa hidup. 

Menariknya, ada tengkorak yang sengaja diletakan bersebelahan dalam satu liang. Penduduk lokal mengatakan mereka berpasangan namun tidak direstui keluarga.

Objek wisata lain yang tidak kalah memesona, Desa Kete Kesu, yang berada 4 km di bagian Tenggara Rantepao. Di sana bisa ditemukan berbagai peninggalan purbakala berupa kuburan batu, hampir semua diletakan menggantung di tebing atau gua.

Seluruh pembelajaran akan selalu diingat, Indonesia kaya dan punya nilai budaya tinggi. Tidak terasa ekspedisi Sulawesi tiba di penghujung, Makassar akan menjadi kota terakhir sebelum Avanzanation Journey menyebrang ke pulau selanjutnya.

Ini suasana pagi #teamindotimur di Tana Toraja Sob. Indah banget ya #AvanzanationJourney


Toraja Paradise Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Google. Powered by Blogger.