Latest News

TINDOKI akan Tampil di Pekan Masyarakat Adat Nusantara

Band TINDOKI. Foto: AMAN
Pekan Masyarakat Adat Nusantara akan dimeriahkan oleh penampilan Group Musik TINDOKI. Kegiatan tersebut akan digelar di Taman Ismail Marzuki (TIM) pada 29-31 Agustus mendatang. Siapa group musik TINDOKI itu? Berikut profilnya.

Band yang membawakan lagu-lagu Toraja dengan kolaborasi musik tradisional dan modern, digawangi anak-anak adat dari Toraja. Sekelompok anak muda tersebut tergabung dalam sebuah band bernama TINDOKI yang dalam bahasa Toraja berarti mimpi atau harapan kami.

Grup Musik TINDOKI mengusung hybrid musik memadukan unsur  etnik dan modern secara kreatif. Lagu-lagu lama Toraja dieksplorasi dalam konteks kekinian tanpa merubah esensi dan pesan yang hendak disampaikan. Mereka memainkan instrumen musik tradisionil dan mengawinkannya dengan instrumen musik elektrik.

Seperti Karombi _Alat musik ini terbuat dari Bilah Bambu_, dimainkan dengan cara disentak dengan tali dan menggunakan rongga mulut sebagai resonansi. Nada karombi sangat khas, dan konon digunakan untuk menolak bala seperti penyakit. Karombi bisa dimainkan seorang diri atau secara berkelompok.

Penampilan Band Tindoki di TIF 2014. Foto: Twitter|Rukka Sombolinggi
TANAH, AIR, BUMI : "PANGGIL AKU IBU" - MASYARAKAT ADAT MERAYAKAN KEBERAGAMAN, adalah tema Pekan Masyarakat Adat di Gedung dan Pelataran Galeri Cipta 2 TIM 29-31 Agustus 2014 mendatang.

TINDOKI akan tampil bersama seniman-seniman besar tanah air. Dalam Pekan Masyarakat Adat tersebut akan digelar karya seni dan kriya Masyarakat Adat dari berbagai daerah, pesta kuliner tradisional, exposure peta wilayah adat, panggung seni (musik-tari), aneka workshop, bioskop (pemutaran film), pameran foto ( Adrian Mulya, Sigit D Pratama, Alexa dll).

Ada juga pameran karya rupa yang akan didukung para pekerja seni (perupa) Dolorosa Sinaga, TARING PADI, Alit Ambara (Nobodycorps Internationale Unlimited), Galis Agus Sunardi, Asdem Lebang, Desti Trisno Angga, Yayak Yatmaka (dalam konfirmasi), dan Andreas Iswinarto (Galeri Rupa Lentera di Atas Bukit).


Berikut daftar Para Personil dan pendukungnya, Nama dan asal kampung personil TINDOKI :

1. Laso’ Rinding Sombolinggi’ ( Mo’ngnge kadoro’ )
Ibu ( WA Nanggala dan WA Rantebua )
Ayah ( WA Sangalla’ dan WA Madandan)

2. Erwin Uddu
Ibu dan ayah (WA Sa’dan )

3. Fahyul Roberto Dani
Ibu (WA Kesu’)
Ayah ( WA Tikala dan WA Balusu)

4. Desty Trisno Angga ( Inno’ Angga )
Ibu ( Tana Luwu – Batusitanduk)
Ayah ( WA Rantebua) dan Pantilang dan Bastem (anggota AMAN Tana Luwu)

5. Asdem Lebang
Ibu ( WA Kesu’)
Ayah ( WA Kesu’ )

6. Denis Tulak Tombilayuk
Ibu ( WA Tikala & WA Sangalla’)
Ayah (WA Kesu’ & WA Buntao’)

7. Alexander Tikupasang
Ibu : (WA Tikala dan WA Sangalla’ )
Ayah : ( WA Kesu’ )

8. Hardi Rupang ( Bagong )
Ibu ( WA Sangalla’ dan WA Rantebua)
Ayah (WA Tikala)

9. Arnold Souisa
Ibu ( WA Tondon)
Ayah ( Maluku – Kampung Haria)


Tentang penampilan TINDOKI bisa baca di Tindoki dan Alat Musik Tradisional Karombi di TIF 2014


Sumber: Aman

Toraja Paradise Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Google. Powered by Blogger.