Latest News

Tindoki Tampil Di Malam Anugerah SEMPUGI

Tindoki Tampil Di Malam Anugerah SEMPUGI
Penampilan TINDOKI pada malam Anugrah SEMPUGI.
Sekelompok anak muda Toraja yang tergabung dalam sebuah band bernama TINDOKI yang dalam bahasa Toraja berarti mimpi atau harapan kami bersama.

Ada hal menarik dari Grup Musik TINDOKI, selain mengusung hybrid musik yang memadukan unsur etnik dan modern secara kreatif Lagu-lagu dan syair  Toraja dieksplorasi dalam konteks kekinian tanpa merubah esensi dan pesan yang hendak disampaikan.

salah satu intrument musik yg mereka gunakan adalah alat musik “Karombi” yang hampir punah. alat musik yang  terbuat dari Bilah Bambu, dimainkan dengan cara disentak dengan tali dan menggunakan rongga mulut sebagai resonansi, Nada karombi sangat khas, dan konon dahulu digunakan untuk menolak bala seperti penyakit.

Saat tampil di Malam Anugerah SEMPUGI yang  digelar di Halaman Utama Benteng Pannyua (Fort Rotterdam) Selasa (11/11/2014), Band yang digawangi oleh Laso’ Rinding cs ini membawakan lagu Toraja dengan kolaborasi musik tradisional dan modern dengan sangat Apik dan membuat ratusan pengujung larut dalam syair yang menyihir.

“Kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi kepada seniman dan musisi lokal yang mendidikasikan hidupnya untuk perkebangan lagu dan musik tradisional , merekalah pahlawan sebenarnya ” Ungkap Andi Rahmat Munawar (36) saat memberikan sambutan sekaligus Membuka Acara Malam Anugerah SEMPUGI yang terselenggara Atas kerjasama SEMPUGI dan Cipta Media Seluler.

salah satu pengunjung, Chaerum(29) mengaku sangat terkesan oleh penampilan grup ini ” Luar biasa , sekarang ini sudah sangat jarang pemuda yang mau membawakan lagu tradisional karena sudah dianggap kuno dan kolot, namun hal ini bisa bisa ditepis oleh TINDOKI ” tuturnya sambil penuh semangat.

Hal senada juga diungkapkan Oleh Dian Cahyadi M.Dc (37) pemerhati budaya toraja dan sekaligus ketua Prodi Seni Rupa di salah satu perguruan Tinggi negeri kota makassar ” Alat musik yang digunakan oleh Grup TINDOKI ini sudah sangat langka dan  mulai jarang dimainkan”

“Ke depan Tindoki tetap berkarya, mengajak anak-anak muda mengenal kembali alat musik tradisional serta memperkenalkan budaya toraja lewat musik yang dimainkan ” harap  MOnge’Sambolinggi.

“beberapa lagu yang ditampilan dalam kegiatan Malam Anugerah Sempugi,  nantinya akan diproduksi secara massal dalam Bentuk Ringtone dan MP3 kemudian disebarkan melalui media seluler dan internet dan bisa di Download Secara Gratis, di Bawah lisensi Creative Commons , sehingga Publik Bisa  menikmati lagu daerah dan Tradisonal Melalui Media Seluler tanpa perlu takut akan legalitas sebuah karya. Kedepan diharapkan Bisa Menumbuhkan dan menghidupkan kembali Rasa cinta terhadap seni musik tradisional yang saat ini mulai luntur “Pungkas Roedy Rustam selaku Mentor Pembimbing SEMPUGI Untuk Program Cipta Media Seluler.

Sumber: Sempugi.org

Toraja Paradise Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Google. Powered by Blogger.