Latest News

Toraja Lovely December 2014 "I Love Bamboo"

Toraja Lovely December 2014
Toraja Lovely December 2014 "I Love Bamboo"
TORAJA Lovely December (TLD) VII | 4-31 December 2014 "All Bamboo Ocassion, Back to Nature" __ "I Love Bamboo"
Lovely December Toraja 2014
Lovely December merupakan acara tahunan yang diadakan oleh pemerintah Tana Toraja. Acara yang diadakan sejak tahun 2008 ini akan menampilkan berbagai karya – karya seni dari kebudayaan Tana Toraja dan dikemas dalam bentuk atraksi seni. Untuk Lovely December tahun lalu diadakan pada tanggal 17 Desember hingga 30 Desember. Untuk lokasinya sendiri mengambil tempat di Lapangan Bakti, Kota Rantepao. 

Salah satu acara yang diadakan di Lovely December tahun lalu adalah Fun Bike. Semua kalangan ikut berpartisipasi dan diakhir acara, panitia memberikan hadiah kepada pemenang. Hadiah – hadiahnya antara lain Sepeda Polygon, TV, dan kulkas. 

Upacara adat Rambu Solo adalah acara yang tidak boleh anda lewatkan. Upacara yang juga diadakan di Lovely December ini dimaksudkan agar masyarakat dapat mengenang dan menghargai sanak keluarga yang telah mendahului mereka. Di upacara ini, para pengunjung melihat secara langsung ritual adat Rambu Solo. Selain itu, diadakannya acara ini agar para wisatawan dapat belajar mengenai budaya Tana Toraja. 

Olahraga arum jeram juga termasuk dalam rangkaian acara Lovely December tahun lalu. Arum jeramnya sendiri diadakan di Sungai Mai’ting pada tanggal 19 Desember. Pemerintah juga mengadakan acara bertema Tour The Toraja. Acara ini dibuat dengan alasan khusus, yakni agar masyarakat dapat mengenal Tana Toraja dan menjaga serta merawatnya dengan penuh kasih sayang. Di acara ini, pengunjung menyaksikan keindahan alam dan budaya Tana Toraja. 

Lovely December tahun lalu dilaksanakan selain untuk persiapan menyambut tahun baru, juga diadakan untuk menyambut Natal. Acara Natalnya sendiri diadakan pada tanggal 18 hingga 21 Desember bertempat di Art Center, Rantepao.  

Pada tanggal 26 Desember, dimana suasana Natal masih sangat hangat, diadakan malam apresiasi budaya. Sementara tanggal 29 Desember, pemerintah mengadakan Festival Kuliner yang menyajikan jajanan khas Toraja. Sebagai pelengkap, diadakan juga pertunjukkan tari, karnaval budaya, dan atraksi musik bamboo. 

Di hari terakhir Lovely December yaitu pada tanggal 30 Desember diadakan kebaktian Natal bersama. Sementara di puncak acara yaitu perayaan Tahun Baru dimeriahkan oleh parade kembang api yang mengambil tempat  di Lapangan Kodim, Art Center. 

Acara Lovely December ini sendiri dibuat oleh pemerintah dengan tujuan membangkitkan semangat masyarakat untuk membangun pariwisata dan melestarikan budaya serta adat istiadat Tana Toraja. 

Mengapa Bambu..?
Toraja Lovely December 2014 "I Love Bamboo"
Bambu adalah salah satu bahan untuk membuat atap rumah adat khas Toraja. Foto: Iqbal Kautsar
Bambu, begitu melekat dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Toraja. Kreatifitas masyarakat Toraja dalam pemanfaatan bambu tidak terbatas untuk hal-hal tertentu. Bambu digunakan untuk atap Tongkonan dan Alang (lumbung), digunakan untuk membuat suke: digunakan sebagai wadah untuk minuman atau wadah untuk memasak makanan tradisional pa'piong, dibuat menjadi alat musik dan juga sebagai bahan utama pembuatan lantang (pondokan) pada saat upacara adat rambu solo' dan rambu tuka'.

Bambu dimanfaatkan dalam kegiatan sehari-hari masyarakat Toraja sehingga tidak mengherankan jika bambu diangkat menjadi tema Lovely December 2014; I Love Bamboo.  Lovely December merupakan kegiatan tahunan yang dimulai dari tahun 2009 untuk mengangkat kembali pariwisata Toraja. Karena Toraja kini terbagi menjadi dua kabupaten; Toraja Utara dan Tana Toraja, maka kedua kabupaten bergantian menjadi penyelenggaran kegiatan ini. Kabupaten Tana Toraja merupakan pelaksana kegiatan Lovely December 2014.

Bukan sebagai pelaksana kegiatan Lovely December 2014 tidak berati tidak ada kegiatan dalam rangka Lovely December 2014 di Toraja Utara. Sebagai kabupaten dengan jumlah lokasi tujuan wisata terbanyak, Toraja Utara tetap bekerjasama dengan Tana Toraja sebagai penyelenggara untuk melaksanakan beberapa kegiatan. 

Jelajah Sepeda Tour de Toraja 2014
Toraja Lovely December 2014 "I Love Bamboo"
Jelajah Sepeda Tour de Toraja 2014. | tanatorajakab[.]go[.]id
Event Lovely Desember Tahun 2014 di Tana Toraja diawali dengan kegiatan Jelajah sepeda Tour de Toraja, tanggal 6-7 Desember 2014. Kegiatan ini diikuti 632 peserta dari 65 komunitas sepeda se Indonesia termasuk 1 orang peserta dari Australia MR. David Evan. Sebelumnya peserta bermalam di lokasi dan Minggu pagi star dari Maliba Uluway menempuh jalur hutan pinus dan jalan-jalan pedesaan sepanjang kurang lebih 45 km dan finish di Plaza Makale.

Hadiah utama dalam pelaksanaan Jelajah Sepeda Tour De Toraja Tahun  ini di boyong oleh Komunitas Sepeda Jelajah Lintas Batas (SJ. LIBAS) dari Kabupaten Majene Sulawesi Barat.


PUNCAK ACARA "LOVELY DECEMBER TAGGAL 27 DESEMBER 2014 DI KOTA MAKALE

Toraja Lovely December 2014
Toraja Lovely December 2014 "I Love Bamboo"
Beberapa diantara rangkaian kegiatan Toraja Lovely December 2014:
1. Lomba Sapta Pesona
2. Jelajah Sepeda wisata
3. Lomba Rakit Tradisional ( Lembang )
4. Lomba Tangkap Ikan ( Mebale, Melendong, Mangngula ' Burinti ' )
5. Lomba Lintas Alam.
6. Lomba Cerita Rakyat yang dilakonkan.
7. Lomba Sastra dan Pidato Bahasa Toraja
8. Lomba Permainan Rakyat ( Katekka, Kacalele, Gasing dan Meoli )
9. Lomba Kidung Natal dan Lagu Daerah.
10. Lomba Foto Pesona Wisata Tana Toraja
11. Pameran Kuliner dan Kerajinan Daerah.
12. Ma'barattung ( Meriam Bambu )
13. Perayaan Puncak Lovely Desember 2014 dan Mangrara Banua Tongkonan
14. Gelar Kerajinan Bambu
15. Band Performance ( Music Entertainment ).


#INFO
Kegiatan dan jadwal yang lengkap silahkan menghubungi kontak Sekretariat Panitia Lovely December 2014 dibawah ini:

Sekretariat Panitia (Disbudpar Kab. Tana Toraja)
Jl. Veteran No. 1, Plaza (Kolam) Makale, Tana Toraja
Telp/Fax: 0423-24804
Email: budpartanatoraja@yahoo.com
CP: E. Bernard - 085 242 057 997


Artikel: Berbagai Sumber

Toraja Paradise Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Google. Powered by Blogger.